TEMA
“Find
and Explore Science For A Better Future”
LATAR
BELAKANG
Kegiatan
Paket Hari Ilmiah merupakan suatu kegiatan yang dijalankan oleh Mahasiswa
Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang setiap tahunnya dilaksanakan dengan beberapa macam
kegiatan. Paket Hari Ilmiah yang diadakan oleh mahasiswa Pendidikan Matematika,
Fisika dan Biologi ini telah berlansung 10 tahun. Kegiatan ini dilaksanakan
sebagai wahana untuk menyadarkan peran dan tanggung jawab yang akan diemban
oleh mahasiswa dalam masyarakat dan dunia pendidikan kelak. Dengan berpedoman
pada pendidikan dan sains, Paket Hari
Ilmiah diselenggarakan untuk memberikan corak lain yang lebih berwarna dalam
dunia Sains, khususnya Matematika, Fisika, dan Biologi.
Hal lain yang mendukung terlaksananya kegiatan
ini adalah semangat dan berbagai potensi yang dimiliki oleh mahasiswa
Pendidikan Matematika, Fisika, dan Biologi, baik dari bidang akademik maupun
non akademik. Selain itu, mahasiswa JPMIPA memiliki
pengalaman sebagai bekal dimasa mendatang sebagai calon pendidik.
Himpunan
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ingin
mewujudkan peran sebagai wadah dan sarana bagi mahasiswa untuk menggali dan
menyalurkan potensinya tersebut melalui rangkaian kegiatan Paket Hari Ilmiah (PHI). PHI ialah salah satu kegiatan
besar yang ada di JPMIPA.
Kegiatan
PHI meliputi: Kunjungan Sekolah I dan II, Lomba Olimpiade Matematika, Fisika
dan Biologi, Workshop guru dan Karya
Ilmiah Remaja (KIR). Rangkaian kegiatan diatas diselenggarakan dengan harapan
mahasiswa JPMIPA mampu mengenal jurusan dan mengeksplor diri baik berdasarkan
potensi yang dimiliki serta mengenalkan Universitas Sanata Dharma terkhusus
Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam akan eksistensinya.
Kegiatan
PHI juga merupakan salah satu wadah untuk mengukur dan mengembangkan potensi
yang telah dimiliki oleh siswa siswi SMP maupun SMA yang terlibat dalam
rangkaian kegiatan PHI. Melalui PHI diharapkan pelajar SMA dapat menghidupi Sains
dengan menggali dan menjelajah dunia sains agar semakin berkembang dan generasi
sains semakin mandiri dan kreatif.
MASKOT
Makna:
Kupu-kupu
merupakan insecta yang mengalami metamorfosis sempurna. Mulai dari telur,
kemudian menjadi larva, lalu seekor ulat, kemudian berubah lagi menjadi
kepompong dan akhirnya menjadi seekor kupu-kupu yang siap terbang jauh.
Melalui
metamorfosis kupu-kupu yang mengalami perubahan perlahan, dari yang semula
buruk rupa menjadi seekor kupu-kupu indah, secara internal memiliki makna bahwa
untuk menjadi sesuatu yang indah harus melalui tahap demi tahap. Tahap demi
tahap ini pun tidak serta merta semudah seperti yang dibayangkan. Dalam sebuah
kepanitiaan bukan hanya keberhasilan ataupun kesuksesan suatu acara dapat
berlangsung, namun bagaimana dinamika dalam kepanitiaan antara yang satu dengan
yang lainnya. Bagaimana masing-masing panitia menjadi agen perubahan baik untuk
diri sendiri maupun bagi orang lain terutama dalam kepanitiaan. Panitia
dihadapkan pada berbagai masalah dan tantangannya tentu bagaimana masalah
tersebut dapat diatasi. Masing-masing panitia memiliki cara berpikir yang
berbeda-beda dan diharapkan pemikiran yang berbeda-beda tersebut bukan menjadi
penghalang atau penghambat bagi pihak lain melainkan menjadi stimulus sehingga
tujuan dapat terjalin kerjasama untuk mewujudkan tujuan yang sama.
Seluruh
panitia diharapan mampu belajar lewat kepanitiaan, yang semula ingin mencari
pengalaman lewat kepanitiaan, sama-sama berproses dan berdinamika sehingga
dapat membentuk jiwa kepemimpinan dari pengalaman yang digali bersama.
Makna
eksternal Kupu-kupu yaitu, Kupu-kupu memiliki perilaku menjelajah, suka mencari
madu untuk menghidupkan dirinya sendiri. Selain menghidupkan diri sendiri ada
timbal balik yang dirasakan oleh pihak lain, dimana kupu-kupu memberikan
rangsangan bagi bunga dalam proses penyerbukan sehingga populasi bunga semakin
banyak. Melalui maskot yang dipilih ini, diharapkan panitia PHI dapat
memberikan dampak bagi perkembangan pengetahuan siswa.
Bagi
peserta Paket Hari Ilmiah 2016, harapannya bahwa semua peserta turut ambil
bagian dan berusaha serta berproses dalam seluruh rangkaian kegiatan PHI 2016 hingga
menghasilkan prestasi dan pengalaman yang menarik dan bermanfaat.
TUJUAN KEGIATAN
1. Memperkenalkan
Universitas Sanata Dharma, khususnya Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan
Fisika, dan Pendidikan Biologi.
2. Menggali
dan memunculkan kemampuan berekspresi siswa-siswi SMA dibidang Matematika,
Fisika, dan Biologi.
3. Menjajaki
kemampuan siswa-siswi SMA dalam bidang Matematika, Fisika, dan Biologi.
4. Menunjukkan
kepada siswa-siswi SMA bahwa Matematika, Fisika, dan Biologi berada dekat di
kehidupan nyata kita
sehari-hari.
5. Membentuk
karakter dan menyadarkan peran mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika,
Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Biologi sebagai calon guru.
6. Membentuk
habitus siswa-siswi dan mahasiswa untuk
berinovasi dengan pengetahuan sainsnya.
7.
Melatih kerjasama dan
kemampuan mahasiswa, khususnya panitia Paket Hari Ilmiah (PHI) 2016 dalam berorganisasi.
MANFAAT
Secara Umum
PHI diselengarakan untuk
mahasiswa JPMIPA agar menjalin relasi baik dengan sesama mahasiswa JPMIPA
maupun dengan sasaran dari PHI sendiri.
Secara Khusus
a.
Bagi Panitia PHI
Mendapat
pengalaman baru dalam kepanitiaan PHI, saling
kerjasama antara panitia tidak
hanya dalam satu program studi tetapi juga dengan teman–teman dari program
studi lain dalam JPMIPA, belajar
untuk mengelola waktu antara kuliah
dan kepanitiaan sehingga keduanya dapat berjalan seimbang, dan dapat belajar
mengolah emosi dalam berkoordinasi
dengan teman-teman di dalam kepanitiaan.
b.
Bagi Peserta
Rangkaian
kegiatan PHI dapat mengukur kemampuan akademik. Selain itu, dapat pula
menunjukkan bakat dan potensi yang dimiliki lewat PHI.
c.
Bagi kemajuan program studi
di JPMIPA di Universitas Sanata Dharma Rangkaian
kegiatan PHI diharapkan menjadi awal
yang baik untuk melahirkan mahasiswa JPMIPA yang berprestasi dan memiliki motivasi sebagai calon
pendidik.
PELAKSANA
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma.
SASARAN
Siswa-siswi SMP (Kunjungan
alat peraga) dan SMA (Olimpiade dan KIR) serta guru pendamping se-Jawa,
Sumatera dan Bali.
DESKRIPSI
KEGIATAN
1. Kunjungan alat peraga ke SMA
Kunjungan
alat peraga merupakan salah satu dari lima acara dalam rangkaian kegiatan Paket
Hari Ilmiah. Pada Paket Hari Ilmiah 2016, kunjungan alat peraga dilaksanakan di
dua sekolah dengan dua metode yang sama.
Metode
untuk kegiatan kunjungan alat peraga ialah metode konstruktivistik. Dalam
kunjungan dengan metode ini, panitia mengajak siswa-siswi sekolah tujuan untuk
membuat alat peraga atau media pembelajaran. Alat peraga atau media
pembelajaran yang dibuat menggunakan bahan-bahan yang bisa dikreasikan oleh
siswa-siswi sekolah tujuan. Dengan mengalami pengalaman membuat alat peraga
secara langsung, siswa-siswi dapat menggali pemahaman konsep sains baik di
bidang Matematika, Fisika, dan Biologi lebih dari pembelajaran di kelas.
Pelaksanaan:
Kunjungan Sekolah I
Tema : Junjung Prestasi, Tampilkan
Kreasi, Menuju Generasi
Mandiri
Hari, tanggal : Sabtu, 10 September
2016
Waktu : Pukul 07.00 WIB –
selesai.
Tempat : SMP Negeri 2 Melati
Yogyakarta
Alamat : Jalan Perkutut Sinduadi
Mlati Sleman 55284, Daerah
Istimewa Yogyakarta.
Kunjungan Sekolah II
Tema : Junjung Prestasi, Tampilkan
Kreasi, Menuju Generasi
Mandiri
Hari, tanggal : Sabtu, 24 September
2016
Waktu : pukul 07.00 WIB –
selesai.
Tempat : SMP Maria Immaculata
Yogyakarta
Alamat : Jalan Brigadir Jendral
Katamso, Prawirodirjan, Gondomanan,
Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.
2.
Olimpiade
Matematika, Fisika dan Biologi tingkat SMA se-Jawa, Sumatera,dan Bali
Olimpiade
Matematika, Fisika, dan Biologi yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan
Paket Hari Ilmiah 2016 mengundang siswa-siswi Sekolah Menengah Atas di Pulau
Jawa, Sumatera, dan Bali. Olimpiade ini digelar di Kampus III Universitas
Sanata Dharma Yogyakarta. Olimpiade berisikan tes yang menguji kemampuan berpikir
siswa secara global. Sebagai bentuk apresiasi, pemenang olimpiade akan
mendapatkan uang pembinaan, tropi, sertifikat, dan beasiswa keringanan biaya
masuk Universitas Sanata Dharma. Tidak hanya itu, kegiatan ini diharapkan mampu
memotivasi siswa lainnya untuk berprestasi di bidang Sains.
Pelaksanaan:
Olimpiade
Tema : Ukir Prestasi,
Wujudkan Generasi Kreatif dan Kompetitif
Hari, tanggal : Jumat dan Sabtu, 21
& 22 Oktober 2016.
Waktu : Pukul 07.00 WIB –
selesai.
Tempat :
Ruang Kuliah
3.
Workshop Guru
Kedatangan guru untuk mendampingi
siswa-siswinya mengikuti Olimpiade disambut dengan sebuah acara yang bermanfaat
bagi masing-masing guru pendamping. Kegiatan
bermanfaat yang berbentuk workshop ini dilaksanakan sembari menunggu siswa/i dari masing-masing
sekolah
berkompetisi. Dari kegiatan Workshop ini para guru diharapkan dapat
menggali informasi baru dan
dapat diaplikasikan. Muaranya ialah agar para guru dapat menghadirkan proses belajar
yang menyenangkan, hidup dan
kontekstual dengan pemanfaatan teknologi yang efektif dan efisien
untuk membangun jiwa sains siswa-siswanya.
Pelaksanaan:
Tema : Pendidik Berkarakter
Penuh Inspirasi
Pembicara : Dosen dari Sogang University, Korea
Hari, tanggal : Jumat, 21 Oktober 2016
Waktu : Pukul 07.00 – 15.00 WIB
Tempat : Ruang
Multimedia, lantai 3 gedung pusat kampus III
Universitas
Sanata Dharma Yogyakarta.
4.
Pameran alat
peraga
Pameran
alat peraga diadakan sebagai selingan bagi siswa-siswi peserta olimpiade dan
Lomba Karya Ilmiah Remaja. Pameran alat peraga memperlihatkan alat peraga
bidang studi Matematika, Fisika, dan Biologi. Melalui Pameran ini diharapkan
dapat menghadirkan nuansa baru dalam pembelajaran Matematika, Fisika, dan
Biologi yang dapat menunjang proses belajar mengajar.
5. Lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR)
Karya
Ilmiah Remaja merupakan salah satu wahana bagi siswa-siswi untuk menyalurkan
gagasannya. Sebuah karya tulis disebut karya tulis ilmiah bila disertai fakta
dan data, disajikan dalam bentuk ilmiah (obyektif dan apa adanya), menggunakan
bahasa baku, lugas, dan jelas. Sebagai bentuk orisinalitas karya tulis ilmiah,
sepuluh finalis yang telah diseleksi diminta untuk mempresentasikan karya
ilmiahnya. Melalui karya ilmiah ini diharapkan etos ilmiah tumbuh di kalangan
siswa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, melainkan juga
mampu menjadi produsen pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan.
Hasil karya ilmiah para peserta lomba akan diambil sepuluh karya yang terbaik
kemudian akan dipamerkan di hari kedua kegiatan PHI. Dengan demikian, budaya
untuk menghasilkan karya tulis ilmiah dapat tumbuh dan berkembang dalam diri
siswa-siswi peserta lomba.
Pelaksanaan:
Karya Ilmiah
Remaja (KIR)
Tema : Asah Kreasi Tingkatkan
Inovasi dan Aksi
Hari, tanggal : Jumat & Sabtu, 21
& 22 Oktober 2016
Waktu : pukul 07.00 – 15.00 WIB
Tempat :
Lab Microteaching Pendidikan Biologi, Kampus III
Paingan, Universitas Sanata Dharma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar